Panduan Liburan ke Gunung Bromo

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Bromo, gunung berapi yang masih aktif dan sudah menjadi objek wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing di daerah Jawa Timur. Salah satu keunikannya adalah gunung ini terletak di tengah-tengah lautan pasir yang luas, hal ini memberi kesan kontras dan kering, beda dengan daerah pegunungan lain di Jawa. Budaya masyarakat Tengger yang masih kental juga menambah daya tarik gunung ini.

 Rekomendasi : Surabaya – Probolinggo
Tiba di Surabaya tepatnya di stasiun Pasar Turi, selanjutnya bisa mencari bus antar kota menuju pasuruan (tosari) atau tujuan ke terminal probolinggo. Lama perjalanan kurang lebih 2 Jam dengan tarif bus sebesar Rp.15.000,- Daerah terdekat dengan bromo jika via probolinggo desa cemara lawang.

Alternatif : Surabaya - Malang
Tiba di Surabaya tepatnya di stasiun Pasar Turi, tujuan berikutnya anda harus ke Malang Lama perjalanan kurang lebih 2 Jam dengan tarif bus sebesar Rp.15.000,-

Sesampai di Malang anda bisa menyewa elf atau angkot menuju Pananjakan. Akan tetapi untuk wisata ke Bromo dan sekitarnya anda wajib meneyewa Jeep yang memang tersedia khusus untuk medan tersebut. Tarif untuk Jeep sendiri sekitar Rp.300.000,- khusus Pananjakan saja tetapi ini belum dengan tempat di sekitar Bromo. (untuk ke tempat objek wisata yang lain dikenakan biaya tambahan). Pananjakan ini adalah viewpoint yang terkenal di Bromo. Dari sini anda bisa melihat gunung Bromo dan lautan pasir disekitarnya.
Di viewpoint Pananjakan kita berhenti kemudian menanjak sekitar 200-300 meter kurang lebih untuk mencapai tempat buat melihat Sunrise. Jika anda malas berjalan ada ojek yang bersedia mengantar anda dengan ongkos Rp 10,000.

Akomodasi
Untuk penginapan di Bromo tersedia banyak tempat seperti villa, maupun rumah penduduk yang bisa dijadikan tempat bermalam. Anggarkan biaya penginapan di penginapan sederhana Rp.100.000,- atau jika anda ingin menyewa villa untuk beramai-ramai ongkosnya sekitar Rp. 400.000,-



Makanan
Di Bromo jarang menemukan restoran yang buka di malam hari, namun masih tersedia banyak warung yang menjual makanan sederhana seperti mie, nasi goreng dan jagung. Kami sarankan agar anda membawa perbekalan makanan instan secukupnya.

Biaya Lain – Tiket Masuk
Untuk menuju ke wisata Bromo dikenakan biaya Rp. 6.000,-, namun banyak turis yang akhirnya terpaksa masuk dengan gratis dikarenakan tidak ada petugas yang menjaga.

 

AD