Masjid Tiban Turen Malang

Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Malang Malang, Jawa Timur

Selamat Datang di Masjid Tiban Turen Malang
  • Masjid Tiban sebenarnya adalah kompleks Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah yang terletak di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

    Design pondok pesantren yang unik, seperti perpaduan timur tengah, china dan modern ini bukan hasil karya arsitek, melainkan hasil istikharah pemilik pondok.

    Pembangunannya dikerjakan oleh para santri yang berjumlah 250 orang dan beberapa penduduk di sekitar pondok. Masya Allah

  • Pondok Pesantren tersebut konon mulai dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam, atau yang akrab disapa Romo Kiai Ahmad.


    Bangunan utama pondok dan masjid tersebut sudah mencapai 10 lantai, tingkat 1 sampai dengan 4 digunakan sebagai tempat kegiatan para Santri Pondokan, lantai 6 seperti ruang keluarga, sedangkan lantai 5, 7, 8 terdapat toko-toko kecil yang di kelola oleh para Santriwati (Santri Wanita), berbagai macam makanan ringan dijual dengan harga murah, selain itu ada juga barang-barang yang dijual berupa pakaian Sarung, Sajadah, Jilbab, Tasbih dan sebagainya.


    Tak hanya unik, di dalam ponpes tersebut juga tersedia kolam renang, dilengkapi perahu yang hanya khusus untuk dinaiki wisatawan anak-anak. Di dalam komplek ponpes itu juga terdapat berbagai jenis binatang seperti kijang, monyet, kelinci, aneka jenis ayam dan burung.



  • Masjidnya bertema putih biru. Arsitekturnya kerrn sekali, detail dindingnya benar-benar diperhatikan. Masjid ini besar sekali, punya belasan lantai. Di dalamnya juga tidak hanya sekedar untuk sholat, banyak yang bisa dilihat.

  • Pertama kali datang ke masjid ini cuma bisa bilang "MasyaAlloh" keren...sebagian bangunan didominasi warna emas, pas masuk keliling kedalam berasa di istana ada kamar mewahnya mirip yang di sinetron-sinetron Kolosal itu lho haha...

Rating: 7 out of 10

Gallery

Sponsored

AD