Kampung Warna Warni Jodipan

Gang 1, Jodipan, Blimbing, Kota Malang Malang, Jawa Timur

  • Tidak jauh dari pusat Kota Malang, kamu kini bisa mendatangi sebuah destinasi wisata menarik yang menghadirkan banyak spot foto instagramable keren. Tempat wisata yang berada di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur ini bernama Kampung Warna-Warni Jodipan atau disingkat dengan KWJ. Tentu saja akan sangat menarik bila kamu bisa berkunjung ke Kampung Warna-Warni Jodipan ini sendirian atau seru-seruan bersama teman, pasangan dan keluarga.

    Riwayat dan Sejarah

    Sebelum menjadi tempat atau destinasi wisata yang menarik, Kampung Jodipan merupakan sebuah tempat yang kumuh. Namun ditangan anak-anak muda mahasiswa Universitas Muhammaidyah Malang jurusan Ilmu Komunikasi, Kampung Jodipan mampu mengubah nasibnya. Dari tugas praktikum Public Relations dan Event Management dari dosen, para mahasiswa yang dikoordinatori Nabila Firdausiyah menggagas mengubah Kampung Jodipan menjadi kampung warna-warni. Inspirasinya adalah kampung di Rio De Janeiro, Brazil yang memang sebelumnya sudah terkenal dengan kota warna-warninya. Sejak bulan Juni 2016, Kampung Jodipan pun mulai dipoles sedikit demi sedikit. Dengan dukungan produk cat dan juga bantuan dari warga masyarakat sekitar, Kampung Jodipan pun dikerjakan sedemikian rupa hingga kemudian muncul sebuah tempat warna-warni yang sangat menarik dan mempesona. Tentunya setelah dipoles sedemikian rupa, Kampung Jodipan sudah jauh dari kata kumuh yang sebelumnya melekat padanya.

    Pesona KWJ

    Setelah dipoles, Kampung Jodipan memang langsung berubah menjadi sebuah tempat yang sangat mengesankan. Tidak hanya warna-warni yang bisa kamu jumpai di sini, namun beberapa graffiti berwujud gambar tiga dimensi bisa juga Anda temui dan kamu jadikan background berfoto. Dibeberapa sudut kampung juga bisa kamu jumpai panorama cantik lainnya seperti beberapa payung dan bunga yang dipasang diatas jalan. Dari kampung ini kamu juga bisa melihat sebuah sungai Brantas, yang merupakan sungai terpanjang kedua di Pulau Jawa. Selain itu sewaktu-waktu dari sisi kampung ini kamu juga bisa melihat kereta api yang melintas. Jangan lupakan juga keramahan penduduk dari Kampung Jodipan yang bisa membantu Anda bila membutuhkan informasi atau bercerita kisah dari Kampung Jodipan ini.

    Aktivitas yang Bisa Dilakukan




    Aktivitas utama yang banyak dilakukan wisatawan di Kampung Jodipan ini tentu saja adalah berfoto-foto. Spot foto di Kampung Jodipan ini terbilang sangat banyak. Untuk mendapatkan hasil foto yang keren dan instagramable, kamu tidak boleh melupakan beberapa tempat atau spot foto berikut ini. Pertama adalah di atas jembatan Jalan Gatot Subroto. Dari tempat atau spot ini kamu bisa memperoleh background Kampung Warna-Warni Jodipan dari ketinggian dan dari sudut pandang yang lebih luas. Berikutnya, spot foto yang tak boleh dilupakan adalah di bagian bawah kampung atau dekat bantaran sungai Brantas. Di sini ada sebuah background atau latar warna biru dan merah muda yang memiliki makna tertentu dan seringkali menjadi tujuan wisatawan untuk berfoto. Jangan lupakan juga untuk berfoto di lorong payung dimana dinding rumah penduduk yang warna-warni berpadu dengan payung-payung cantik yang ditempatkan di atas jalan. Kamu yang datang bersama pasangan juga bisa berfoto di spot “lambang love” yang berada tidak jauh dari lokasi spot lorong payung.

    Tarif dan Fasilitas

    Tiket masuk ke Kampung Warna-Warni Jodipan ini sangat murah yakni Rp 2.000/orang. Untuk fasilitas di sini sudah ada area parkir, musholla, toilet dan warung-warung makan yang dijual warga Kampung Jodipan. Untuk tempat menginap atau bermalam, kamu bisa memperolehnya di sekitar lokasi wisata Kampung Jodipan. Kamu tidak akan kesulitan mendapatkan tempat menginap, karena lokasi Kampung Jodipan ini berada di pusat Kota Malang.

    Menuju KWJ

    Kampung Jodipan yang berada di Kelurahan Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang ini sangat mudah diakses. Bahkan bila kamu datang dari Stasiun Kota Baru Malang, maka kamu bisa berjalan kaki sekitar 15 menit saja menuju Kampung Jodipan. Kamu yang datang dari Terminal Arjosari, Malang bisa naik angkutan kota (angkot) dengan kode ABG/ABH/AMG/AMH dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Sementara itu kamu yang datang dari daerah yang jauh, bisa naik pesawat untuk transit di Bandara Abdul Rahman Saleh, Malang. Dari bandara ini kamu bisa naik transportasi umum ke Kampung Jodipan dengan waktu tempuh kurang lebih 35 menit.



Rating: 7 out of 10